Pemprov Jatim segera bangun bandara khusus Migas di Bojonegoro


Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan membangun bandara khusus Industri minyak dan gas (migas) di Kabupaten Bojonegoro. Sebagai perispan, saat ini Pemprov Jatim telah menyediakan lokasi bandara khusus migas ini di lahan hutan seluas 195 hektare yang ada di Desa Kunci, Kecamatan Dander.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jatim, Ardhi Prasetyawan, mengatakan lokasi dan lahan untuk bandara khusus Migas ini telah disepakati bersama staf ahli Gubernur Jatim, perwakilan Pemerintah Bojonegoro, tim pengadaan tanah Jawa Timur, BPN, Bappeda, Dinas Kehutanan, serta tim teknis lainnya.

“Tahap awal untuk penentuan lokasi telah disepakati bersama, yakni lahan seluas 175 hektare milik perhutani. Sedangkan 20 hektare adalah milik warga,” kata Ardhi, di Surabaya, Selasa (19/01/2016).

Penentuan lahan ini, kata Ardhi, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum. UU itu berbunyi penetapan lokasi lahan diatas 1 hektare harus dengan persetujuan gubernur.

Meski demikian, kata dia, pemprov terlebih dahulu akan melakukan verifikasi berkas dan dokumen seperti perencanaan pembangunan, feasibilty study (FS), analisis dampak lingkungan (amdal), hingga tata ruang.

“Hasilnya kemudian kami serahkan ke Gubernur Jatim, Soekarwo. Insya Allah antara Maret hingga April akan ada keputusan disetujui atau tidak,” kata dia.
 
 Sumber : lensaindonesia.com
 

Share this article :
 

Copyright © 2011. ICONESIA - All Rights Reserved