ANALISIS SEGMENTASI PASAR

Analisis segmentasi pasar adalah proses estimasi luas pasar yang memilliki respons yang sama (liat gambar) yang diperkirakan akan menjadi calon pembeli yang menguntungkan dengan cara:
  1. Mendefinisikan pasar produk yang dilayani.
  2. Menganalisis industri untuk mengetahui peluang dan daya tarik pasar.
  3. Menganalisis pesaing kunci untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing.
  4. Mengembangkan profil konsumen untuk mengetahui segmen pasar yang profitable.
Untuk membentuk homoginitas pasar konsumen, marketer dapat menggunakan pendekatan static attribute, dynamic attribute, dan unit attribute. Aspek-aspek yang dianggap paling relevan dengan fokus bauran promosi dapat diringkas seperti dalam tabel.
1. Static attribute segmentation approach
    Pendekatan ini membagi pasar berdasarkan atribut-atribut statis yang serupa yang tidak secara langsung memengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli. Pemdekatan ini terdiri atas:
  • Segmentasi geografis: populasi (lokasi, besaran, kepadatan), jaringan transportasi (transit massal, berkendaraan, jalan kaki), iklim, tipe komersial (karyawan lokal, penduduk, turis), pendirian ritel (pusat belanja), media (kota, desa, lokal, nasional, internasional, global), persaingan (kurang, maju, jenuh), pola pertumbuhan (stabil, negatif, positif), peraturan (keras, longgar), biaya hidup (rendah, sedang, tinggi).
  • Segmentasi demografis: umur, jenis kelamin, mibilitas, penghasilan, pekerjaan, kehidupan kelularga, kelas sosial, status perkawinan, besarnya rumah tangga, agama, kesukuan, dan pendidikan.
2. Dynamic attribute segmentation approach
    Pendekatan ini membagi pasar berdasarkan atribut-atribut dinamis yang mencerminkan customer characteristic - minat, kebiasaan, sikap, keyakinan dan sebagainya yang secara langsung memengaruhi alasan pelanggan untuk membeli. Pendekatan ini terdiri atas:












  • Segmentasi psikografis, membagi pasar menurut gaya hidup dan kepribadian, manfaat, persepsi, loyalitas merek, pengalaman menggunakan produk, struktur pembelian (informal ke formal, otonomi ke bersama), inovatif, opini, dan kepentingan membeli.
  • Segmentasi behavioral, membagi pasar menurut sikap, penggunaan dan respons pelanggan terhadap produk.
 3. Unit attribute segmentation approach
     Pengelompokan segmen pasar dilakukan atas unit ke pasar terkecil - nicher market (individual, atau kelompok). Pendekatan ini banyak digunakan oleh perusahaan yang menjalankan pemasaran berbasis internet - e-marketing.
Contoh Pembentukan Segmentasi Pasar


variabel
Kelompok 1
Kelompok 2
Kelompok 3
Usia
25-45
35-55
25-55
Seks
Laki-laki
Perempuan
Perempuan
Pendapatan
$ 50.000- $ 100.000
$ 75.000-$ 150.000
$ 75.000 - $ 170.000
Pendidikan
Pascasarjana
Bachelor
Pascasarjana
Kelas Sosial
Kelas Atas
Kelas Atas
Kelas Atas
Ukuran kelularga
3-4
4-5
2-3
Penggunaan produk
Pembelian Pertama
Loyalitas Merek
Pembelian Pertama
Gaya Hidup
Keluarga mandiri
Tinggal di Rumah Ibu
Good life
Geografis







Variabel
Kelompok 4
Kelompok 5
Kelompok 6
Usia
35-55
45-65
35-55
Seks
Perempuan
Laki-laki
Laki-laki, Perempuan
Pendapatan
$ 35.000-$ 75.000
$ 50.000 - $ 100.000
$ 75.000- $ 150.000
Pendidikan
Sarjana
SMA/SMK/MA
Bachelor
Kelas Sosial
Kelas Menengah
Kelas Menengah
Kelas Atas
Ukuran kelularga
4-5
3-4
4-5
Penggunaan produk
Loyalitas Merek
Loyalitas Merek
Loyalitas kategori Merek
Gaya Hidup
Soccer Mom
Single
Double income
Geografis




Share this article :
 

Copyright © 2011. ICONESIA - All Rights Reserved