Analisis Strategi Harga

Bagi konsumen, bahwa harga merupakan segala bentuk biaya moneter yang dikorbankan oleh konsumen untuk memperoleh, memiliki, memanfaatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanan dari suatu produk. Bagi perusahaan penetapan harga merupakan cara untuk membedakan penawarannya dari para pesaing. 
Penentuan harga produk dan jasa memainkan peran sebagai key strategis dalam perusahaan. Munculnya penentuan harga sebagai konsekuensi dari : 
    • Deregulasi
    • Kompetisi global yang ketat
    • Pertumbuhan yang lambat
    • Kesempatan bagi perusahaan untuk memperkuat posisi pasar
2.  Harga memengaruhi kinerja finansial dan memiliki pengaruh penting terhadap persepsi pembeli dan penempatan merek.
3.     Harga dapat menjadi pengganti dari ukuran kualitas produk ketika pembeli sulit mengevaluasi produk yang kompleks.
4.      Relasi antara permintaan dan harga memengaruhi keputusan penentuan harga.
5.      Biaya (produksi dan distribusi) memengaruhi harga penjualan produsen.
6.      Manfaat dan kepuasan pelanggan menentukan harga penjualan maksimal dari sebuah produk.
7.   Intensitas persaingan dan peraturan pemerintah akan menentukan harga riil atau efektif dimana produk diperdagangkan.

Peranan Harga Dalam Pemasran

1.      Peran harga tergantung pada :
o   Siapakah pembelinya (target pasar)
o   Apa jenis produk yang diperdagangkan
o   Saluran apa yang digunakan (strategi distribusi)
2.      Fungsi harga dalam strategi positioning
o   Pertanda bagi pembeli : Harga tinggi sebagai indikator jaminan bahwa merek tersebut merupakan produk berkualitas tinggi.
o   Instrumen persaingan : Harga sebagai cara menyerang pesaing, atau sebagai pengganti nilai/kualitas.
o   Cara meningkatkan kinerja finansial : Harga sebagai metode penentuan target harga dan pengembalian investasi jangka pendek.
3.      Tanggung jawab keputusan penentuan harga bervariasi di antara perusahaan jenis produk.

Share this article :
 

Copyright © 2011. ICONESIA - All Rights Reserved