Kunci keberhasilan bisnis memerlukan kemampuan mengantisipasi perubahan lingkungan pasar, kemampuan memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan. Perubahan tersebut diantaranya menyangkut:
Dinamika Pasar
Dinamika pasar yang menyangkut perubahan demografi (populasi, distribusi, pendidikan, gaya hidup dan sebagainya); perubahan cakupan pasar yang menuju ke arah global serta peran waktu sebagai dimensi penting dalam competitive advantage (kemampuan daya saing).
Perubahan Visi
Perubahan visi manajemen yang melibatkan setiap perubahan lingkungan dipandang sebagai sumber peluang dan bukan menyusun strategi pemasaran. Perubahan pasar menuntut perusahaan agar lebih dekat dengan konsumen.
Bisnis yang berhasil dituntut untuk menerapkan falsafah pemasaran yang berorientasi pada kepuasan konsumen. Karenanya manajemen harus membangun budaya perusahaan yang memiliki komitmen untuk memahami dan mengusahakan kepuasan konsumen dengan cara:
1. Penuhi faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen- Kinerja dan keandalan produk atau jasa
- Citra merek (brand image)
- Sistem hantaran (supplier, perusahaan, dan perantara)
- Total nilai (total customer value) diterima konsumen.
Dengan strategi low cost (biaya rendah) dan deferensiasi, dapat menawarkan superior value dengan lebih rendah dari pesaing yang menawarkan manfaatsama dan manfaat yang lebih unik dibanding dengan harga sama.
3. Gunakan customer driven
Implementasi konsep marketing harus melibatkan semua orang dalam organisasi sebagai pemasar. Perusahaan harus lebih responssif pada konsumen. Pengorganisasian lebih didasarkan pada sektor pasar dari para produk line.
4. Gunakan strategi targeting
Dalam merespons kebutuhan pasar yang bervariasi hendaknya mengambil sasaran yang berfokus hanya pada satu atau lebih kelompok kecil pembeli.
5. Inovasi produk
Upaya inovasi - improvisasi produk untuk memuaskan konsumen, memelihara competitive advantage (daya saing) untuk menghadapi lingkungan yang berubah cepat, memertahankan pertumbuhan. Setiap fungsi dikordinasikan guna memenuhi konsumen:
- Memahami dengan baik karakteristik produk yang dibutuhkan konsumen.
- Memantau kebutuhan konsumen dan kegiatan persaing maupun pendatang baru.
- Memantau perubahan pada seluruh mata rantai distribusi, sejak bahan mentah sampai end user.
- Inovasi mulai dilakukan dari laboratorium R&D sampai pada semua area organisasi bisnis seperti inovasi dalam teknologi informasi.
Peningkatan kualitas produk banyak dijadikan isu pokok dalam bersaing, karena dapat meningkatkan kinerja semua fungsi dalam bisnis. Peningkatan kualitas mungkin akan memerlukan tiga hal:
Program peningkatan kualitas pada semua fungsi bisnis. Kegiatan yang diambil dihubungkan dan dipandu oleh persepsi konsumen tentang kualitas dan kebutuhan konsumen.
(Lembaga Survei ICONESIA)
(Lembaga Survei ICONESIA)