Dalam bisnis positioning menjadi alasan penting bagi konsumen untuk membeli produk. Positioning merupakan upaya untuk membentuk citra sebuah produk muncul dalam kaitannya dengan produk lain di pasar atau diposisikan terhadap merek bersaing dalam peta persepsi konsumen. Peta persepsi mendefinisikan pasar dalam hal bagaimana cara membeli memandang karakteristik kunci sebuah produk yang bersaing. Peta persepsi ini akan menjadi dasar bagi pembeli dalam menggunakan produk misalnya harga dan kualitas. Oleh karena itu konsep positioning dapat diliihat sebagai as a perceived high quality (kualitas yang dipersepsikan melebihi harapan konsumen atas manfaat produk yang diperoleh konsumen lebih tinggi: harga lebih rendah, kualitas lebih tinggi). Melakukan posisioning berarti usaha menempatkan sebuah merek di bagian pasar agar merek tersebut mendapat sambutan positif dibanding produk-produk saingan. Dengan demikian istilah positioning dapat dimaknai sebagai:
- Pernyataan tentang apa arti produk, dan bagaimana pelanggan dapat mengevaluasinya.
- Upaya menempatkan produk atau merek di pasar tertentu ke dalam persepsi pembeli.
- Usaha mencitrakan merek di pasar tertentu, dengan cara membangun persepsi konsumen tentang keunikan atribut produk yangn ditawarkan melalui program komunikasi dan marketing mix lainnya.
- Upaya membuat daya pesona/value/citra/identitas/karakter (produk, merek, layanan, desain,bungkus, harga, atau perusahaan) yang relatif kompetitif di benak target pasar atau yang dirasakan target pasar (individu atau komunitas), dibanding pesaing.
- Upaya memperjelas (clarifying) keunggulan semua atribut produk untuk menarik pembeli.
Positioning bukanlah apa yang marketer lakukan ke produk; positioning adalah apa yang marketer lakukan ke dalam pikiran konsumen (prospek). Oleh karena itu positioning yang bagus adalah mampu mengikat persepsi pembeli mengenai produk merek yang dibeli oleh pasar sasaran. Alat untuk membentuk persepsi tersebut adalah program bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, promosi). Positioning biasanya difokuskan pada satu merek - produk (brand or product positioning), tetapi bisa juga perusahaan itu sendiri (corporate positioning).
Kunci keberhasilan positioning terletak pada kemampuan perusahaan dalam menciptakan persepsi yang diinginkan perusahaan, persepsi pelanggan dan persepsi pesaing (lihat gambar). Positioning menjadi sangat penting, karena beberapa alasan:
- Produk atau perusahaan yang baru tidak dapat bersaing langsung dengan perusahaan yang sudah memiliki posisi yang terbentuk kuat, mereka memiliki tempat tertinggi, posisi paling atas dalam pikiran calon pelanggan. positioning memberi jalan untuk dapat bersaing di sekelilingnya, di bawahnya atau di atasnya tetapi tidak secara langsung.
- Dalam penempatan, nama perusahaan atau produk adalah sesuatu yang penting, apabila nama perusahaan kurang sesuai bagi produk baru yang ingin dijual, ciptakan nama perusahaan baru dan posisi yang baru.
(Lembaga Survei ICONESIA)