INTELIGEN PEMASARAN

Inteligen pemasaran adalah serangkaian prosedur dan sumber-sumber yang digunakan oleh para manajer untuk memperoleh informasi setiap hari mengenai perkembangan dalam lingkungan pemasaran.

Informasi Pelanggan
  • Mengumpulkan informasi mengenai pelanggan.
  • Mempelajari perubahan dalam keinginan dan kebutuhan pelanggan.
  • Analisis kepuasan pelanggan atas produk sendiri dan produk saingan.
  • Melakukan survei pesaing secara sistematis, bersinambungan mengenai keunggulannya dan kelemahannya.
  • Menggunakan informasi pelanggan dan pesaing dalam perencanaan strategi pemasaran.
Informasi Pasar
  • Potenso pasar, yaitu informasi potensi permintaan atas produk yang ditawarkan, termasuk bagaimana harapannya pada masa yang akan datang.
  • Saluran distribusi, yaitu informasi mengenai ketersediaan, keefektifan, sikap dan pilihan penyalur yang ada.
  • Media komunikasi, yaitu mengenai ketersediaan, keefektifan, dan biaya dari media yang ada.
  • Sumberdaya pasar, yaitu informasi mengenai kualitas, biaya dan ketersediaannya untuk mengarap pasar.
  • Produk-produk baru, yaitu informasi mengenai masalah non-teknis dari produk baru perusahaan lain.
Informasi Persaingan 
  • Strategi dan rencana persaingan bisnis, yaitu informasi mengenai tujuan, sasaran, definisi bisnis, rancangan dan pertimbangan perusahaan.
  • Strategi pesaingan fungsional, yaitu informasi mengenai strategi funsional marketing seperti produk, harga, distribusi, promosi, riset dan pengembangan produk dan pasar.
  • Operasi-operasi persaingan, yaitu informasi inteligen mengenai operasi, produksi, transfer pekerja pesaing dan sebagainya.
Metode
Untuk menciptakan inteligen pemasaran yang baik, perusahaan dapat menggunakan metode atau cara-cara berikut ini:
  • Melatih dan memotivasi sales force untuk melacak dan melaporkan perkembangan-perkembangan baru yang berkaitan produk, pasar, pelanggan dan pesaing.
  • Perusahaan dapat memotivasi distributor, pengecer dan mediator lain untuk membagi informasi-informasi penting.
  • Mempelajari pesaing dengan cara membeli produk mereka.
  • Membentuk penasihat bagi pelayanan pelanggan yang terdiri dari pelanggan yang representatif.
  • Membeli informasi dari pemasok luar.
  • Membentuk pusat informasi pemasaran untuk mengumpulakn dan mensirkulasi informasi-informasi produk, pasar, pelanggan, dan pesaing serta perubahan-perubahan faktor lingkungan makro lainnya.


(Lembaga Survei ICONESIA)

Share this article :
 

Copyright © 2011. ICONESIA - All Rights Reserved