Informasi Pelanggan
- Mengumpulkan informasi mengenai pelanggan.
- Mempelajari perubahan dalam keinginan dan kebutuhan pelanggan.
- Analisis kepuasan pelanggan atas produk sendiri dan produk saingan.
- Melakukan survei pesaing secara sistematis, bersinambungan mengenai keunggulannya dan kelemahannya.
- Menggunakan informasi pelanggan dan pesaing dalam perencanaan strategi pemasaran.
- Potenso pasar, yaitu informasi potensi permintaan atas produk yang ditawarkan, termasuk bagaimana harapannya pada masa yang akan datang.
- Saluran distribusi, yaitu informasi mengenai ketersediaan, keefektifan, sikap dan pilihan penyalur yang ada.
- Media komunikasi, yaitu mengenai ketersediaan, keefektifan, dan biaya dari media yang ada.
- Sumberdaya pasar, yaitu informasi mengenai kualitas, biaya dan ketersediaannya untuk mengarap pasar.
- Produk-produk baru, yaitu informasi mengenai masalah non-teknis dari produk baru perusahaan lain.
- Strategi dan rencana persaingan bisnis, yaitu informasi mengenai tujuan, sasaran, definisi bisnis, rancangan dan pertimbangan perusahaan.
- Strategi pesaingan fungsional, yaitu informasi mengenai strategi funsional marketing seperti produk, harga, distribusi, promosi, riset dan pengembangan produk dan pasar.
- Operasi-operasi persaingan, yaitu informasi inteligen mengenai operasi, produksi, transfer pekerja pesaing dan sebagainya.
Untuk menciptakan inteligen pemasaran yang baik, perusahaan dapat menggunakan metode atau cara-cara berikut ini:
- Melatih dan memotivasi sales force untuk melacak dan melaporkan perkembangan-perkembangan baru yang berkaitan produk, pasar, pelanggan dan pesaing.
- Perusahaan dapat memotivasi distributor, pengecer dan mediator lain untuk membagi informasi-informasi penting.
- Mempelajari pesaing dengan cara membeli produk mereka.
- Membentuk penasihat bagi pelayanan pelanggan yang terdiri dari pelanggan yang representatif.
- Membeli informasi dari pemasok luar.
- Membentuk pusat informasi pemasaran untuk mengumpulakn dan mensirkulasi informasi-informasi produk, pasar, pelanggan, dan pesaing serta perubahan-perubahan faktor lingkungan makro lainnya.
(Lembaga Survei ICONESIA)