GE-Multifactur Model

General Electric Multifactor model didirikan oleh Mckinsey (1970-an)- yang dirancang dengan menggunakan multifactor busines unit attractiveness, sering disebut MDTI (matrik daya tarik industri). MDTI ini menjadi salah satu alternatif yang digunakan dalam pemasaran merek atau produk untuk memutuskan mana/apa yang akan diperkuat, apakah menambah portofolio produk, menentukan posisi produk, pilihan strategi dan peluang pasar yang layak untuk sebuah investasi atau sebaliknya di-divested. Gambar memperlihatkan sembilan kuadran yang masing-masing memerlukan perlakuan yang berbeda.
  • Jika posisi bisnis di kuadran (1) maka unit usaha ini paling menjanjikan dan memiliki prospek untuk berkembang dengan sangat baik, pillihan strateginya adalah pertumbuhan dengan berinvestasi secara terus-menerus guna meningkatkan akselerasi pertumbuhan bisnis.
  • Jika posisi bisnis di kuadran (2) dan (4) maka unit usaha ini memiliki peluang untuk berkembang, pilihan strateginya adalah pertumbuhan dengan investasi yang lebih selektif
  • Jika posisi bisnis di kuadran (3), (5) dan (7) maka unit usaha ini tidak memiliki peluang bisnis yang jelas rendah, oleh karena itu manajemen dianjurkan untuk super hati-hati bila perlu bersikap konservatif dalam berinvestasi.
  • Jika posisi bisnis di kuadran (6), (8) dan (9), maka unit usaha ini sebaiknya tidak diteruskan, sebab peluang bisnis dan kekuatan bisnis sama sekali tidak ada, stagnan, dan mati. Manajemen dianjurkan stop investasi, panen sisa hasil usaha yang mungkin masih bisa diharapkan, jangan tunggu lama, abaikan barriers to exit, keluar dari pasar (divestasi).



DAYA TARIK INDUTRI
K
E
K
U
A
T
A
N

B
I
S
N
I
S

Tinggi
Sedang
Rendah
Kuat
1
2
3
Melindungi Posisi, investasi untuk tumbuh
Investasi selektif untuk tumbuh
Tumbuh Selektif
Sedang
4
5
6
Tumbuh Selektif
Tumbuh selektif, dikelola untuk menghasilkan laba
Harvest/perluasan terbatas atau panen
Lemah
7
8
9
Melindungi posisi dan refokus
Harvest, dikelola untuk menghasilkan laba
Divested (dilepas/dijual)




(Lembaga Survei ICONESIA)
 
Share this article :
 

Copyright © 2011. ICONESIA - All Rights Reserved