Analisis target pasar adalah kegiatan untuk mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen dan memilih segmen sasaran berdasarkan ukuran luasnya pasar (jumlah pembeli aktual dari jumlah pembeli potensial). Dalam menentukan targeet pasar, marketer perlu mempertimbangkan faktor-faktor yang ikut memengaruhi pilihan target pasar yang tepat, antara lain:
1. Tahapan Product Life Cycle
- Pada tahap perkenalan, hanya beberapa tipe produk yang bersaing. Jika muncul subtitusi baru, maka muncul segmen baru.
- pada maturity kebutuhan bertambah, peluang segmentasi bertambah, segmentasi makin komplek, strategi harus disesuaikan.
3. Persaingan: Jika struktur dan intensitas persaingan makin tinggi, terfragmentasi dan bersifat global, maka bagi perusahaan kecil akan lebih menguntungkan jika menggunakan sellective targeting.
4. Posisi Perusahaan: Jika market share rendah sebaiknya memilih hanya segmen yang memberikan keunggulan bersaing.
5. Kapabilitas dan Sumber daya perusahaan : Jika kuat dapat mengambil beberapa segmen sekaligus.
6. Economic of Scale (skala ekonomi): Jika tujuan ingin mencapai skala ekonomi, maka perlu pasar yang luas.
(Lembaga Survei ICONESIA)