Bagi
konsumen, bahwa harga merupakan segala bentuk biaya moneter yang dikorbankan
oleh konsumen untuk memperoleh, memiliki, memanfaatkan sejumlah kombinasi dari
barang beserta pelayanan dari suatu produk. Bagi perusahaan penetapan harga
merupakan cara untuk membedakan penawarannya dari para pesaing.
Penentuan harga produk dan jasa
memainkan peran sebagai key strategis dalam perusahaan. Munculnya
penentuan harga sebagai konsekuensi dari :
- Deregulasi
- Kompetisi global yang ketat
- Pertumbuhan yang lambat
- Kesempatan bagi perusahaan untuk memperkuat posisi pasar
2. Harga memengaruhi kinerja finansial
dan memiliki pengaruh penting terhadap persepsi pembeli dan penempatan merek.
3. Harga dapat menjadi pengganti dari
ukuran kualitas produk ketika pembeli sulit mengevaluasi produk yang kompleks.
4.
Relasi antara permintaan dan harga
memengaruhi keputusan penentuan harga.
5.
Biaya (produksi dan distribusi)
memengaruhi harga penjualan produsen.
6.
Manfaat dan kepuasan pelanggan
menentukan harga penjualan maksimal dari sebuah produk.
7. Intensitas persaingan dan peraturan
pemerintah akan menentukan harga riil atau efektif dimana produk
diperdagangkan.
Peranan
Harga Dalam Pemasran
1.
Peran harga tergantung pada :
o
Siapakah pembelinya (target pasar)
o
Apa jenis produk yang diperdagangkan
o
Saluran apa yang digunakan (strategi
distribusi)
2. Fungsi harga dalam strategi positioning
o
Pertanda bagi pembeli : Harga tinggi
sebagai indikator jaminan bahwa merek tersebut merupakan produk berkualitas
tinggi.
o
Instrumen persaingan : Harga sebagai
cara menyerang pesaing, atau sebagai pengganti nilai/kualitas.
o
Cara meningkatkan kinerja finansial
: Harga sebagai metode penentuan target harga dan pengembalian investasi jangka
pendek.
3.
Tanggung jawab keputusan penentuan
harga bervariasi di antara perusahaan jenis produk.