POSITIONING SEBAGAI ALAT BERSAING

Positioning menjadi sangat penting dalam kegiatan pemasaran karena daya tariknya sangat besar bagi konsumen. Perusahaan-perusahaan yang berhasil menempatkan diri dalam posisi kompetitif (lihat tabel) adalah mereka yang kuat dalam segala hal yang diperlukan dalam posisi itu. Setidaknya ada tiga alternatif positioning bagi pemimpin, pelopor dan pengikut pasar untuk bersaing, sebagai berikut:

Tabel: Posisi Kompetitif

Aspek
Pemimpin Pasar
Penantang Pasar
Pengikut Pasar
Merek
kuat , Sukses sejak awal PLC
Relatif Kuat
Secara sadar tidak berupaya mengejar untuk menyamai posisi lainnya.
Konsumen
Memiliki pengetahuan unggul tentang konsumen sehingga dapat memberikan sesuatu yang bernilai bagi konsumen

Strategi
Produk
Inovasi produk (baru), Kualitas unggul
Inovasi Produk (baru), Mendesain ulang produk yang ada
Harga
Bersaing
Rendah
RD
Sangat Unggul

Promosi
Gencar dan Efektif
Kreatif dan efektif
Share this article :
 

Copyright © 2011. ICONESIA - All Rights Reserved