Positioning menjadi sangat penting dalam kegiatan pemasaran karena daya tariknya sangat besar bagi konsumen. Perusahaan-perusahaan yang berhasil menempatkan diri dalam posisi kompetitif (lihat tabel) adalah mereka yang kuat dalam segala hal yang diperlukan dalam posisi itu. Setidaknya ada tiga alternatif positioning bagi pemimpin, pelopor dan pengikut pasar untuk bersaing, sebagai berikut:
Tabel: Posisi Kompetitif
Aspek
|
Pemimpin Pasar
|
Penantang Pasar
|
Pengikut Pasar
|
|
Merek
|
kuat , Sukses sejak awal PLC
|
Relatif Kuat
|
Secara sadar tidak berupaya mengejar untuk menyamai posisi lainnya.
|
|
Konsumen
|
Memiliki pengetahuan unggul tentang konsumen sehingga dapat
memberikan sesuatu yang bernilai bagi konsumen
|
|||
Strategi
|
Produk
|
Inovasi produk (baru), Kualitas unggul
|
Inovasi Produk (baru), Mendesain ulang produk yang ada
|
|
Harga
|
Bersaing
|
Rendah
|
||
RD
|
Sangat Unggul
|
|||
Promosi
|
Gencar dan Efektif
|
Kreatif dan efektif
|