Manager pemasaran harus paham betul sasaran dan rencana strategi unit bisnis (SBU). Dengan dipandu misi sasaran, strategi SBU harus menjadi acuan penting bagi perencanaan strategi pemasaran sebagai mana rencana fungsional lainnya. Top manajemen harus menjawab pertanyaan berikut:
- Atas dasar apakah penilaian SBU'S: kekuatan & daya tarik pada setiap product market
- Strategi apa yang akan digunakan dan sumber finansial yang disediakan untuk melaksanakan strategi itu.
- Apakah SBU dikelola untuk arus kas, pertumbuhan atau pendapatan?
- Harapan apa yang dikehendaki manajemen: penjualan, panga pasar, kontribusi profit, atau aspek lainnya?
Banyak pilihan perencanaan strategi pengembangan corporate dapat dilakukan, pilihan tersebut sudah pasti memerlukan dukungan sumberdaya yang secara optimal dapat digunakan untuk menjalankan pilihan tersebut. Sejumlah pilihan pengembangan bisnis (lihat gambar) dapat dijelaskan sebagai berikut:
Core Business
Melayani satu produk pasar dengan satu line produk yang dapat memberikan keunggulan kompetitif karena spesialisasi, tetapi dengan risiko tergantung pada satu kebutuhan konsumen saja. Sering ekspansi yang dilakukan menuju pasar produk lain untuk mengurangi risiko. Perlu sumber finansial yang kuat.
New Market For Existing Product
Ekspansi pasar dengan produk sejenis mengurangi risiko ketergantungan pada satu segmen pasar dengan menggunakan teknik dan produksi yang dimiliki.
New product For Existing Market
Untuk mengurangi ketergantungan pada satu jenis produk di pasar yang sudah ada, perusahaan perlu mengembangkan bauran produk (product mix)
yang baru untuk pasar sasaran yang ada.
Diversivication
Dilakukan dengan menambah produk baru dan area pasar baru melalui pengembangan internal maupun dengan akuisisi. Strategi ini memiliki risiko dan biaya mahal.
Unrelated to Core Business
Strategi ini dilakukan dengan menanbah produk baru dan area pasar yang baru melalui pengembangan internal maupun dengan akuisisi bisnis yang tidak berkaitan dengan bisnis inti (unrelated to core business). Umumnya memiliki risiko tinggi dan biaya mahal.
Related to Core Business
Dilakukan dengan menambah produk baru dan area pasar baru melalui pengembangan internal maupun dengan akuisisi yang berhubungan dengan bisnis inti. Memiliki risiko dan biaya mahal.
Konsentrasi
Melakukan pengembangan pasar yang seluas-luasnya dengan satu produk atau lebih fokus untuk melayani pasar tertentu dengan satu produk yang sudah ada.
Gambar : Alternatif Pengembangan Strategi Corporate