Mengembangkan Skills Pemasaran

Kebutuhan implementasi memerlukan beberapa aspek penting. Pertama, strategi pemasaran merupakan cara berfikir untuk sebuah orientasi pelanggan yang kuat dapat menjadi awal yang baik untuk memenangkan persaingan untuk merebut pelanggan dengan memberikan nilai sebagai janji yang telah dibuat oleh perusahaan dan marketer yang berhasil, kedua, orang-orang yang terlatih harus siap untuk menggunakan keterampilan dan kemampuan untuk melaksanakan berbagai elemen rencana pemasaran, ketiga, waktu yang cukup dan uang harus dialokasikan untuk program tersebut, keempat, manajemen harus komunikatif dan siap untuk setiap pertemuan untuk update bulanan. Kelima, teknologi dan sistem manajemen yang diperlukan untuk melacak kemajuan harus selalu siap kapanpun digunakan, keenam, tenaga kerja harus merasa nyaman dengan rencana dan termotivasi untuk berhasil, dan ketujuh, pelanggan merupakan tumpuan ukuran kinerja pemasaran (meningkat atau menurun) oleh karena itu kaji ulang dan penguatan program pemasaran, pengembangan sistem informasi harus dibangun secara sistematik, kuantitatif, skills yang tinggi, sasaran yang terbentang luas, rencana tindakan, serta mekanisme penguatan strategi.

Implementasi strategi dan program pemasaran memerlukan seperangkat keahlian yang berkaitan dengan kemampuan dasar, pengetahuan, keahlian aplikasi, dan perilaku:
  1. Kemampuan dasar; apakah semua staff memiliki keahlian, pendidikan dan karakteristik personal yang diperlukan untuk dapat mengembangkan sebuah nilai permintaan bagi pelanggan kita.
  2. Pengetahuan; apakah tim memiliki pengetahuan tentang produk dan pelanggan yang diperlukan.
  3. Keahlian aplikasi; apakah orang-orang yang berwenang sudah mempelajari dan mempraktikkan proses perencanaan, koleksi informasi serta pemecahan masalah yang sesuai dengan situasi pemasaran saat ini.
  4. Perilaku; sampai batas manakah kebiasaan-kebiasaan baik sudah diimplementasikan dan yang belum dipraktikkan.
Kualitas skills yang dibutuhkan, jurang kinerja unit bisnis atau perusahaan dengan pasar, kekurangan skills tim pemasaran harus dianalisis secara objektif sebagai sebuah respons efektif terhadap kinerja pemasaran selanjutnya. Tabel menunjukkan sejumlah item keahlian yang diperlukan oleh seorang marketer. Pengembangan item-item keahlian itu sangat tergantung pada variasi-jenis usaha atau produk yang dijalankan, semakin banyak variasi usaha atau produk yang dijalankan, maka skills yang diperlukan juga semakin bervariasi.

Tabel :

No
Item Skills
Posisi
1
2
3
1
Kemampuan membuat definisi - manfaat - aplikasi nilai



2
Menentukan keinginan dan kebutuhan pelanggan serta atasi rintangan yang ada



3
Kemampuan analisis konsep sediaan dan permintaan, menentukan sediaan dan lokasi produk.



4
Kemampuan menggunakan komputer.



5
Kemampuan menampilkan persepsi dan manfaat produk.



6
Kemampuan memperlihatkan ide teknik penjualan.



7
Kemampuan menerima pelanggan secara sopan dengan seulas senyum,



8
Kemampuan menyelesaikan proses pertukaran produk, transaksi penjualan serta penutupan penjualan dengan pelanggan.



9
Kemampuan memaketkan pembelian pelanggan dengan tepat.



10
Kemampuan menyelesaikan proses keluhan pelanggan secara profesional.



11
kemampuan menganggulangi ketidak ekonomisan internal dan eksternal.



12
kemampuan identifikasi prosedur kontrol inventarisasi



13
Kemampuan menggunakan alat dan tehnik pemasaran dan periklanan.



14
Kemampuan penggunaan mesin dan telekomunikasi bisnis.



15
Kemampuan dalam proses komunikasi lisan dan tertulis.



16
Kemampuan penataan file - dokumen bisnis secara terorganisir.



17
Kemampuan menggunakan prosedur dan proses keuangan serta analisis konsep keuntungan



18
Kemampuan memahami dan menjelaskan hubungan antara pemerintah dan bisnis.



19
Kemampuan analisis konsep persaingan.



20
Kemampuan menjelaskan konsep kerja yang terorganisir dalam siklus bisnis



21
Kemampuan mendemonstrasikan pelaksanaan penelitian yang berhubungan dengan pemasaran



22
Kemampuan menggunakan praktik persamaan gender dan multibudaya dan multietnis.



23
Kemampuan analisis pengembangan kondisi pelanggan



24
Kemampuan kopi iklan rinci - pendek yang dibutuhkan pelanggan



25
Kemampuan mempelajari, mengumpulkan, mengorganisir klasifikasi informasi tertulis dan bahasa-bahasa bisnis



26
Kemampuan menyingkirkan persaingan - menyediakan jawaban untuk memenangkan keraguan pelanggan



27
Kemampuan dan usaha pemasaran agar pelanggan dapat membuat suatu keputusan



28
Kemampuan sediakan secara reguler isu baru yang membantu agar pelanggan kembali lagi pada perusahaan kita



29
Menciptakan informasi pada semua produk yang dihasilkan.



30
Kemampuan Bersikap proaktif dalam membangun relasi dan memahami manfaatnya.



31
Kemampuan menggunakan berbagai cara untuk mengkomunikasikan pesan-pesan bisnis



32
Kemampuan mengevaluasi informasi perusahaan yang lisan - tertulis, relevan - tidak relevan



33
Kemampuan memecahkan masalah dan mengambil kesimpulan berdasarkan kombinasi pikiran deduktif dan induktif.



34
Kemampuan mendeskripsi konsep ekonomi - pemasaran, periklanan, produksi, pengaruh biaya, persediaan dan demand, siklus bisnis, termasuk perdagangan internasional.




Keterangan: 1 = sangat baik, 2 = baik, 3 = cukup baik


(Lembaga Survei ICONESIA) 
Share this article :
 

Copyright © 2011. ICONESIA - All Rights Reserved